Live Love Laugh

Live Love Laugh

Friday, June 6, 2014

Keterpaksaan dalam Perbedaan

yaa, mungkin kata inilah yang membuat saya mendapatkan inspirasi untuk menulis ini hari ini. Sebagai manusia, perbedaan adalah hal yang mutlak yang harus kita miliki dalam kriteria sebagai manusia. karena berbeda itulah kita manusia, perbedaan yang harusnya membuatnya kita menjadi satu, “harusnya
Dengan hebatnya kita mengomentari dan menghakimi orang yang bersebrangan dengan kita. apalagi ketika kita tahu kita mempunyai standar tertentu dalam melakukan dan menikmati suatu hal. Contoh sederhananya adalah, saat ini saya masih mendengar tentang adanya strata dalam musik, jika musik ini, maka ini akan dinikmati oleh orang orang seperti ini, jika musiknya seperti itu, maka akan dinikmati oleh orang yang itu itu juga. maka dengan adanya persepsi yang seperti ini, kita yang hanya sebagai penikmat kadang menghakimi orang orang yang didengarnya tidak sama dengan apa yang kita dengar.
Bukankah musik itu suatu yang universal?. tapi kenapa kita masih menilai bahwa musik ini lebih elegan atau lebih berkelas dari musik lainnya. bukankah kita tahu bahwa selera kita sebagai manusia pasti berbeda, jadi kenapa kita masih menghakimi para pendengar musik yang musik yang mereka dengarkan tidak sama dengan yang kita dengar.
Marilah kita terbuka untuk memahami perbedaan. ini hanya secuil kisah, tentang penghakiman terhadap pemaksaan tentang perbedaan. masih banyak lagi kisah tentang susahnya kita menghargai perbedaan baik dalam beragama, berpendapat, sengaja saya mengambil musik, karena msuik adalah sesuatu yang universal. jika orang lain berbeda dengan kita, baik dari yang mereka ucapkan ataupun yang mereka simpulkan, itu karena kita mempunyai selera yang berbeda beda untuk menelaah dan memahami apa yang menyentuh diri kita.
yaa, walaupun kita berbeda, kita adalah satu, satu manusia, manusia yang akan membukakan jalan untuk menghargai tentang perbedaan untuk generasi yang kita pinjami alamnya ini.

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya!!!!!!