Live Love Laugh

Live Love Laugh

Sunday, June 8, 2014

Bagi yang Belum Tahu, Ini Gan perbedaan antara Liberia, Siberia dan Iberia

Republik Liberia adalah sebuah negara di pesisir barat Afrika yang berbatasan dengan Sierra Leone, Guinea, dan Pantai Gading. Baru-baru ini Liberia dilanda dua perang saudara (1989–1996 dan 1999–2003) yang mengakibatkan ratusan ribu penduduknya mengungsi sekaligus menghancurkan ekonomi Liberia.

Bersamaan dengan Ethiopia, Liberia adalah salah satu dari dua negara modern di Sub-Sahara Afrika tanpa berakar di kolonisasi Eropa Afrika. Berawal pada tahun 1820, wilayah itu dijajah oleh orang kulit hitam dari Amerika Serikat, sebagian besar dari mereka dibebaskan dari seorang budak. Imigran ini mendirikan negara baru dengan bantuan dari Masyarakat Kolonisasi Amerika, sebuah organisasi swasta yang percaya bahwa bekas budak akan memiliki kebebasan yang lebih besar dan kesetaraan di Afrika. Tawanan Afrika dibebaskan dari kapal budak namun bukan dikirim ke negara asal mereka. Pada tahun 1847, berdirilah sebuah negara bernama Republik Liberia, serta mendirikan sebuah pemerintahan dengan meniru pemerintahan dari Amerika Serikat dengan beribukota di Monrovia setelah James Monroe, presiden kelima Amerika Serikat dan seorang pendukung terkemuka dari kolonisasi. Para kolonis, yang dikenal sebagai Americo-Liberia, memimpin sektor politik dan ekonomi negara.

Negara ini mulai modern pada tahun 1940-an menyusul investasi dari Amerika Serikat selama Perang Dunia II dan liberalisasi ekonomi di bawah Presiden William Tubman. Liberia adalah anggota pendiri PBB dan Organisasi Persatuan Afrika. Sebuah kudeta militer menggulingkan kepemimpinan Americo-Liberia pada tahun 1980, menandai awal ketidakstabilan politik dan ekonomi dan terjadi dua kali perang sipil berturut-turut yang menewaskan sekitar 250.000 orang dan menghancurkan perekonomian negara. Sebuah perjanjian damai pada tahun 2003 menyebabkan pemilu yang demokratis pada tahun 2005. Hari ini, Liberia sedang memulihkan diri dari perang saudara dan pergolakan ekonominya mereka, tetapi sekitar 85% dari penduduk hidup di bawah garis kemiskinan internasional.

Ekonomi Liberia sangat bergantung kepada ekspor bijih besi. Sebelum 1990 Liberia juga mengekspor karet. Perang saudara yang panjang telah menghancurkan banyak infrastruktur negara, dan Liberia sangat tergantung kepada bantuan luar negeri. Pada 2005 negara ini memiliki tingkat pengangguran 85%, terburuk di dunia.

Perang Saudara di liberia terjadi 2 kali gan 
  1. Perang Saudara Liberia Pertama adalah konflik di Liberia dari tahun 1989 sampai tahun 1996. Pada pertengahan tahun 1990, perang saudara meletus. Akibat perang ini, Pemerintahan Samuel Doe dijatuhkan, dan Charles Taylor dipilih sebagai Presiden Liberia


  1. Perang Saudara Liberia Kedua adalah perang saudara yang terjadi tahun 1999 ketika grup pemberontak yang dibantu oleh pemerintah Guinea, Liberians United for Reconciliation and Democracy (LURD), muncul di Liberia utara. Pada awal tahun 2003, grup pemberontak kedua, Movement for Democracy in Liberia, muncul di selatan, dan pada Juni-Juli 2003, pemerintahan Charles Taylor hanya menguasai 1/3 negara. Ibukota Liberia, Monrovia dikepung oleh LURD, yang menyebabkan kematian banyak penduduk.


Siberia (bahasa Rusia: Сиби́рь) adalah wilayah luas yang terletak di Rusia dan sebelah utara Kazakhstan. Ia meliputi hampir seluruh wilayah Asia Utara. Wilayah Siberia memanjang ke timur dari Pegunungan Ural hingga Samudra Pasifik dan ke selatan dari Samudra Artik ke perbukitan Kazakhstan bagian utara-tengah dan perbatasan Mongolia dan China. Siberia berada dalam wilayah Rusia kecuali di daerah ujung barat daya, dan ia meliputi 75% wilayah Rusia.

Secara geografis, Siberia terdiri dari beberapa Subyek Federal Rusia, antara lain: Distrik Federal Ural, Distrik Federal Siberia dan Republik Sakha (bagian dari Distrik Federal Timur Jauh). Dari segi sejarah, seluruh kawasan Timur Jauh Rusia adalah bagian dari Siberia. Kepadatan penduduk Siberia hanya 3 jiwa per km². Mayoritas warga Siberia beretnik Rusia dan blasteran Ukraina. Etnik grup lainnya adalah Evenk, Chukchis, Koryak dan Yukaghir.

Sekitar 70% penduduk Siberia tinggal di apartemen kecil di perkotaan. Kota terbesar di Siberia adalah Novosibirsk dengan populasi 1,5 juta jiwa. Dengan suhu udara terendah -71,2 °C, Oymyakon dijuluki sebagai kota terdingin di Bumi.

Harimau siberia (Panthera tigris altaica) adalah subspesies harimau yang juga dikenal dengan nama harimau amur, harimau korea, harimau manchuria, atau harimau cina utara. Habitatnya berada di wilayah Amur di Timur Jauh dan berstatus dilindungi. Harimau siberia dianggap sebagai subspesies terbesar dari enam subspesies harimau.

Harimau siberia adalah hewan yang terancam punah. Pada awal tahun 1900-an, harimau siberia masih dapat ditemukan di sepanjang Semenanjung Korea, barat laut Mongolia, tenggara Rusia, dan barat laut Tiongkok. Kini subspesies ini telah hampir punah total dari Korea Selatan dan kebanyakan hidup di sebuah wilayah kecil di sebelah selatan Timur Jauh Rusia (kawasan Amur-Ussuri di Primorye dan Khabarovsk sebuah tempat harimau siberia dan macan tutul amur sedang dilindungi). Tinggal sedikit yang masih hidup di Manchuria dan Korea Utara.

Penaklukan Rusia di Siberia terjadi pada abad ke-16, ketika Kekhanan Siberia ditaklukan oleh Rusia.

Penaklukan Siberia dimulai pada Juli 1580, ketika sekitar 540 Cossack dibawah pimpinan Yermak Timofeyevich menyerbu Vogul. Rusia berhasil mencapai Danau Baikal dan lalu Laut Okhotsk dan Sungai Amur. Namun mereka mencapai perbatasan Tiongkok dengan musuh yang bersenjatakan artileri, sehingga serangan mereka terhambat.

Rusia mencapai Samudra Pasifik tahun 1639. Setelah penaklukan Kekhanan Siberia, seluruh Asia Utara - wilayah yang lebih luas dibanding kekhanan - dikenal sebagai Siberia dan pada tahun 1640 perbatasan timur Rusia telah meluas hingga lebih dari beberapa juta kilometer persegi. Banyak kota modern Rusia di Siberia Barat didirikan, seperti Tyumen dan Tobolsk.

Distrik federal siberia 
Distrik Federal Siberia (Rusia: Сиби́рский федера́льный о́круг; tr.: Sibirsky federalny okrug)) merupakan satu dari tujuh distrik federal di Rusia. Distrik ini terletak di bagian tengah Rusia. Distrik ini memiliki jumlah penduduk 20.062.938 jiwa dan memiliki luas wilayah 5.114.800 km².

Subdivisi ini terdiri dari:

Altai Republic
Altai Krai
Buryatia
Zabaykalsky Krai
Irkutsk Oblast
Khakassia
Kemerovo Oblast
Krasnoyarsk Krai
Novosibirsk Oblast
Omsk Oblast
Tomsk Oblast
Tuva


Semenanjung Iberia, atau Iberia, terletak di ujung baratdaya Eropa, dan terdiri dari Spanyol, Portugal, Andorra, dan Gibraltar dan sedikit Perancis. Dari tiga semenanjung Eropa (Iberia, Italia, dan Balkan), Iberia terletak di wilayah paling barat dan selatan. Berbatasan di selatan dan barat dengan Samudera Atlantik. Pegunungan Pirenia membentuk ujung timurlaut semenanjung, menghubungkannya dengan keseluruhan Eropa. Di selatan, daerah ini mendekati pantai utara Afrika. Merupakan semenanjung terbesar kedua di Eropa, dengan luas 582.860 km². Nama "Iberia" juga digunakan sejak Yunani Kuno dan Romawi Kuno untuk teritori lainnya di sudut seberang Eropa, Iberia Kaukasia, di Georgia

Pembagian politik Semenanjung Iberia diurutkan menurut luas wilayah:
  1. Spanyol, menempati sebagian besar semenanjung, termasuk tengah, timur dan baratlaut. Luas: 504,030 km²

  1. Portugal, menempati sebagian barat peninsula. Luas: 92,345 km²

  1. Perancis Cerdagne, sebuah teritori Perancis kecil di Pegunungan Pyrenees secara teknis terletak di semenanjung Iberia. Luas: hampir 540 km²

  1. Andorra, sebuah negara mikro di ujung utara semenanjung di Pegunungan Pyrenees antara Spanyol dan Perancis. Luas: 468 km²

  1. Gibraltar, sebuah teritori seberang laut Britania dekat ujung paling selatan semenanjung, berbatasan dengan Spanyol. Luas: hampir 7 km²

1 comment:

Jangan lupa komentarnya ya!!!!!!